Intip Strategi UMKM Hadapi Era Digital

Strategi UMKM di era digital memang berbeda dengan era sebelumnya. Namun, ada banyak keuntungan dari perkembangan teknologi digital saat ini, salah satunya kita bisa terhubung lebih mudah dengan calon pelanggan tanpa harus bertatap muka. Proses penjualan juga bisa dilakukan dari jarak jauh.

Adanya transformasi digital membuat pelaku UMKM saat ini lebih mudah mengakses beragam informasi dan strategi untuk menunjang usahanya.

Lalu apa sih strategi bagi para pelaku UMKM menghadapi era digital sekarang ini. Yuk simak dibawah ini.

Lakukan digitalisasi Usaha

Digitalisasi usaha ini terdiri dari beberapa macam, diantaranya:

Buat merek Anda

Tujuan dari digitalisasi usaha adalah untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat secara digital. Cara pertama untuk strategi awal adalah dengan menciptakan merek yang kuat.

Sebuah merek terkait dengan nama dan logo bisnis. Pembuatannya harus sesuai dengan karakteristik usaha Anda. Anda juga bisa merekrut ahli design grafis untuk membuatkan logo produk Anda.

Pelajari pemasaran digital

Buat merek saja tidak cukup. Sebagai bagian dari digitalisai usaha, Anda perlu pelajari yang namanya pemasaran digital.

Ada banyak jenis pemasaran digital yang bisa dipilih. Untuk mengetahui bagaimana masing-masing bentuk dan strategi pemasaran ini bekerja, Anda perlu mempelajari pemasaran digital secara ekstensif.

Menguasai pemasaran digital adalah cara terbaik agar bisa bersaing di era digital saat ini. Tidak sulit untuk mempelajarinya. Anda bisa memulainya dari konten gratis yang tersedia di Youtube, Instagram, dan media sosial lainnya.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih serius, bisa coba ikut pelatihan pemasaran digital berbayar yang banyak tersedia di internet.

Ketahui siapa target pasar Anda

Sebelum menerapkan strategi UMKM di era digital, terlebih dahulu ketahuilah siapa target pasar Anda. Hal ini guna pemasaran yang dilakukan bisa tepat sasaran. Terlebih lagi pemasaran digital bisa mentarget kelompok konsumen tertentu secara mudah di era ini. Variabelnya pun beragam, target konsumen bisa berdasar kelompok usia, wilayan tertentu, atau jenis kelamin terntentu.

Sebenarnya menentukan target pasar itu tidak sulit kok. Anda tinggal susuaikan saja dengan produk yang dijual. Misalnya nih, Anda menargetkan pasar anak sekolah karena Anda menjual perlengkapan sekolah dan pernak-perniknya.

Manfaatkan sosial media

Dewasa ini sosial media merekat erat dengan kehidupan masyarakat, hampir tiap hari, siang dan malam, masyarakat mengakses sosial media. Anda bisa manfaatkan dengan membuat akun di platform sosial media besar dan buat postingan yang menarik untuk menjangkau mereka.

Sosial media populer seperti Instagram, Facebook, Twitter, maupun Tiktok bisa anda coba sebagai tempat pemasaran produk Anda. Pastinya sosial media ini punya karakteristik masing-masing, sehingga baiknya pelajari dulu sebelum menggunakannya ya.

Selain itu, pelajari pula fitur-fitur di sosial media tersebut guna mengoptimalkan pemasaran Anda. Pahami seputar penjadwalan konten, post konten secara massal, set auto reply, dan sejenisnya.

Manfaatkan iklan berbayar

Bila ingin memperkenalkan produk Anda secara cepat, Anda bisa mencoba menggunakan iklan berbayar di platform sosial media maupun media online yang relate dengan produk Anda.

Cara ini tentu lebih praktis dan dapat menghasilkan visitor dengan cepat. Walau pada praktiknya ada banyak hal-hal yang perlu diperhatikan agar kegiatan iklan ini tidak membuat kerugian.

Biaya beriklan sendiri sangat relatif, dipengaruhi oleh jumlah pengguna yang ingin dijangkau, lama iklan tampil, jumlah klik iklan, jumlah tampilan iklan, dan banyak lagi.

Silahkan sesuaikan budget dan kemampuan permodalan Anda. Strategi ini sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali memulai bisnis online.

Sebelum memilih metode ini, terlebih dahulu pelajari sistem periklanan digital di platform tempat Anda beriklan, karena platform satu dan yang lainnya mempunyai mekanisme yang berbeda dalam beriklan.

Manfaatkan sistem pemasaran afiliasi

Strategi lain di era digital yang bisa Anda lakukan adalah teknik afiliasi . Jadi afiliasi adalah program kerjasama antar pemilik barang/jasa dan tenaga pemasaran dalam menjajakan produk. Anda bisa memberi mereka komisi dalam jumlah tertentu untuk tiap produk yang berhasil terjual.

Cara ini tentunya akan berjalan efektif bila sistem afiliasi yang anda bangun menawarkan hal-hal yang berbeda dengan yang lainnya. Pastikan pula alokasi komisi ditentukan dari awal sehingga tidak menimbulkan masalha dikemudian hari yang mana akan mengganggu alur pemasaran produk Anda.

Semakin banyak orang yang bergabung di program afiliasi Anda, semakin besar pula peluang untuk menjangkau lebih banyak orang.

Memberikan pelayanan terbaik

Pelayanan terbaik adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis. Terlebih lagi pelayanan purna jual yang amat berpengaruh terhadap stigma konsumen terhadap produk Anda.

Bila pelayanan Anda baik, konsumen akan dengan sukarela datang dan membeli produk Anda untuk kedua dan kesekian kalinya. Juga mungkin saja mereka merekomendasikan usaha Anda kepada orang lain.

Salah satu contoh pelayanan yang baik adalah menyediakan layanan penggantian produk seandainya ada produk yang rusak. Dari sini Anda bisa meraih ulasan yang bagus, sehingga memancing awareness pengguna lain untuk membeli produk Anda.

Melakukan evaluasi secara berkala

Jika usaha Anda sudah jalan, jangan lupakan untuk melakukan evaluasi berkala yang berguna untuk melihat apakah usaha Anda mengalami kemajuan atau sebaliknya. Dari sini pula Anda akan mengetahui apa saja hal-hal yang perlu diperbaiki agar usaha Anda bisa lebih baik lagi.

Evaluasi ini bisa dilakukan tiap pekan atau tiap bulan. Sesuaikan saja dengan wkatu Anda.

Meningkatkan kapasitas SDM

Strategi selanjutnya agar UMKM bisa survive di era digital adalah dengan peningkatan kapasitas SDM. Beberapa caranya adalah sebagai berikut.

Ikut program inkubasi

Inkubasi adalah proses pembinaan, pendampingan, dan pengembangan yang diberikan oleh penyedia inkubator Wirausaha kepada Peserta Inkubasi (Tenant). Nah sebagai pelaku UMKM bisa nih ikut inkubasi atau mengikutsertakan karyawan untuk ikut program ini.

Ikut program pendampingan UMKM

Pendampingan UMKM adalah usaha dari Kejar UMKM dalam membantu, mengarahkan dan mendukung terhadap perorangan/kelompok UMKM, dan Koperasi lewat perumusan masalah, perencanaan, eksekusi dan evaluasi dalam pengembangan suatu usaha.

Layanan ini mencakup pendampingan usaha, inkubasi kelompok usaha, perancangan usaha UMKM, pendampingan digitalisasi, serta pendampingan pembuatan profile usaha dan NIB,

Itulah beberapa strategi UMKM di era digital. Harapannya setelah membaca ini, Anda bisa menerapkan di usaha Anda guna mengoptimalkan omset penjualan Anda.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.