Dukung Pelaku Usaha, Syncore Hadirkan Program Kejar UMKM

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menjadi sektor krusial bagi perekonomian Indonesia dengan jumlah yang mencapai 59,2 juta pelaku, sektor ini menyumbang Pendapatan Domestik Bruto (PDB) lebih dari 60 persen, menyerap sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha. dan ajaibnya mampu menarik 60,42 persen dari total investasi untuk Indonesia.

Namun walaupun menjadi sektor krusial, sektor UMKM tidak luput dari berbagai rintangan, di antaranya keterbatasan kemampuan pengelolaan usaha, kurangnya ilmu pengelolaan keuangan, minimnya jaringan bisnis, transformasi ke arah digital hingga akses permodalan.

Sejarah pun menunjukkan bahwa Usaha Kecil dan Mikro (UMKM) di Indonesia mampu eksis dan berkembang melewati krisis ekonomi yang pernah melanda negeri ini di tahun 1997, bahkan menjadi titik penyelamat bagi pemulihan ekonomi negara karena kemampuannya menyediakan sumbangsih yang cukup signifikan pada pendapatan domestik maupun penyerapan tenaga kerja.

Oleh karena itu, untuk mendukung semangat pelaku UMKM menghadapi berbagai tantangan tersebut, PT Syncore Indonesia menghadirkan program Kelompok Belajar (Kejar) UMKM, sebuah ekosistem kolaboratif untuk menginspirasi, sekaligus berbagi tips praktis melalui rangkaian webinar, networking dan bootcamp.

Apa itu Kejar UMKM

Program Kelompok Belajar (KEJAR) UMKM ialah tempat belajar bersama UMKM dalam pengelolaan keuangan, manajemen UMKM, dan pemasaran UMKM. Disini pelaku usaha dapat berjejaring, berinteraksi, berkontribusi, dan berkolaborasi dalam pengembangan usaha bisnis UMKM.

Layanan Kejar UMKM

Untuk mendorong pelaku usaha siap berwirausaha, Kejar UMKM menyediakan 2 layanan unggulan, diantarnya:

Pelatihan UMKM

Jenis pelatihan di Kejar UMKM meliputi pelatihan pencatatan transaksi keungan, siber security UMKM, strategi digital marketing, penyusunan rencana usaha dan kewiraushaan

Asyiknya para peserta yang mengikuti pelatihan ini mendapatkan sertifikat training loh, nantinya dokumen sertifikasi ini bisa dijadikan bukti nyata kompetensi dan keahlian peserta.

Manfaat ikut pelatihan Kejar UMKM

Dengan mengikuti pelatihan dari KejarUMKM sobat bisa mendapatkan banyak manfaat, diantaranya:

  • Manfaat sosial berupa kesempatan mengembangkan interaksi, menciptakan jaringan komunikasi, dan mengembangkan pertumbuhan pribadi.
  • Manfaat ekonomi berupa peningkatan produktifitas, mendapatkan pekerjaan baru, memperoleh jaringan wirausaha, mendapatkan dan meningkatkan penghasilan.
  • Manfaat proses belajar berupa kesempatan mendapatkan pengetahuan baru, peningkatan pengambilan keputusan, memperbaiki kinerja warga belajar, meningkatkan kemandirian, mendapatkan keterampilan baru, meningkatkan keterampilan.

Pendampingan UMKM

Pendampingan UMKM adalah usaha dari Kejar UMKM dalam membantu, mengarahkan dan mendukung terhadap perorangan/kelompok UMKM, dan Koperasi lewat perumusan masalah, perencanaan, eksekusi dan evaluasi dalam pengembangan suatu usaha.

Layanan ini mencakup pendampingan usaha, inkubasi kelompok usaha, perancangan usaha UMKM, pendampingan digitalisasi, serta pendampingan pembuatan profile usaha dan NIB,

Manfaat ikut pendampingan Kejar UMKM

Ketika ikut pendampingan usaha di Kejar UMKM, kamu akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari tenaga ahli yang siap membantu menganalisis usahamu dan memberitahu faktor-faktor krusial yang mempengaruhi kinerja usahamu. Kamu pun bisa meminta saran pemasaran agar omset usahamu meningkat.

Adapun manfaat jangka panjang  dari pendampingan ini adalah adanya penyediaan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja UMKM, sehingga mempermudah pemilik UMKM dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan kinerja usaha mereka.

Naah menarik bukan? Jika kamu seorang pemilik usaha dan ingin meningkatkan pertumbuhan usahamu, coba deh ikut pelatihan maupun pendampingan usaha dari Kejar UMKM. Ikut program mereka juga menyenangkan loh, tunggu apalagi? daftar sekarang.

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.