Portal berita teknologi terbaru dengan ulasan mendalam.

Pengalaman Mengikuti Program MSIB Kampus Merdeka

Halo temen-temen. Saya Asman Haikal peserta program MSIB Batch 3. Sudah setengah bulan sejak saya lulus dari program Kampus Merdeka. Melalui artikel ini saya bercerita tentang pengalaman saya mengikuti program MSIB Batch 3 tahun 2022.

Buat kamu yang belum tahu apa itu MSIB? Singkatnya, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program MSIB ini tuh untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, dan tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan sehingga dapat dikonversi kepada SKS di program studi mahasiswa.

Fun fact nih, selain program MSIB, Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga menawarkan program lain loh untuk para mahasiswa sebagai wadah untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman pada berbagai bidang, yaitu Kampus Mengajar, Wirausaha Merdeka, Bangkit, IISMA, dan KKN Tematik Membangun Desa.

Pada penyelenggaraan MSIB gelombang ke-3, saya ikut ambil peran pada divisi media digital di perusahaan PT Syncore Indonesia. Kegiatan ini pun menjadi salah satu cara Syncore Indonesia dalam menjalankan fungsi perusahaannya, yaitu lembaga yang terus bergerak dan memberi manfaat bagi individu, organisasi, dan masyarakat dalam menumbuhkan kewirausahaan, menguatkan tata kelola, dan mengembangkan kinerja untuk memberi kontribusi nyata bagi indonesia. Di perusahaan ini saya mempelajari skill set baru dan merasakan pengalaman dunia kerja yang tidak didapatkan di kelas perkuliahan.

Bagaimana Cara Mendaftar Pada Program MSIB?

Saya mendaftar program ini pada website Kampus Merdeka. Di website tersebut terdapat informasi mengenai syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar. Ini adalah tahapan untuk mendaftar program MSIB.

1. Membuat akun di web Kampus Merdeka

Pada proses ini kalian hanya diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu di web kampus merdeka dan melengkapi profil kalian. Silahkan isi nama, nisn, universitas, dan data-data lain yang dibutuhkan.

2. Melengkapi dokumen wajib

Selanjutnya adalah melengkapi dokumen wajib yang perlu di upload ke portal Kampus Merdeka. Dokumen ini berupa CV, KTP, Surat Rekomendasi, dan Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM). Untuk SR dan SPTJM diurus di kampus dengan datang langsung ke fakultas.

Pastikan semua dokumen sesuai persyaratan, stempel pada SR dan SPTJM jelas, tanda tangan jelas, gunakan materai pada tanda tangan. Ingat, jangan sampai melakukan pemalsuan dokumen.

3. Mendaftar ke Mitra

Pada pelaksanaan MSIB Batch 3, terdapat puluhan mitra dengan ratusan posisi yang dibuka. Disini peserta bebas memilih mitra mana yang ingin di apply. Tidak harus relate dengan jurusan. Saya pribadi mendaftar ke lowongan yang berbau IT, seperti Animator, Digital Marketing, UI/UX Designer, dan banyak lagi. Pokoknya perbanyak pendaftaran untuk meningkatkan peluang diterima.

4. Proses seleksi oleh Mitra

Pada tahapan ini masing-masing MItra punya caranya sendiri untuk memfilter para pendaftar, ada yang berbasis kuis, ada yang melakukan interview, ada yang berbasis portofolio, dan banyak lagi. Alhamdulillah pada sesi ini saya lolos seleksi di PT Syncore Indonesia.

5. Pemberian offer oleh Mitra di portal Kampus Merdeka

Pada fase ini, kamu akan menerima penawaran magang oleh Mitra di akun Kampus Merdeka milikmu. Kamu bisa memutuskan apakah mengambil tawaran yang diberikan atau mengabaikan dan menunggu tawaran lain.

Saran saya buatlah list prioritas Mitra yang kamu impikan, tunggulah offer dari mereka. Bila mitra mu belum memberi offer hingga pekan akhir pendaftaran, segera ambil offer apa saja yang sudah ada. Menunggu itu baik, namun jangan sampai kamu tidak mengambil satu pun mitra hingga masa penutupan pendaftaran.

6. Menerima offer

Pada fase ini kalian bisa bernafas lega, artinya satu rintangan udah kalian lewati, tinggal menunggu survey kebhinekaan dan launching program secara nasional.

Catatan: bila klik terima offer maka proses seleksi di Mitra lain akan berstatus “tidak diambil”.

Apa Mitra yang saya ambil pada program MSIB Angkatan 3?

Pada program ini saya memilih mengambil offer dari PT Syncore Indonesia untuk bidang Junior Consultant – Digital Media.

Syncore Indonesia merupakan perusahaan konsultan yang hadir untuk mendorong para pelaku industri kecil agar dapat maju dan berkembang. Saat ini Syncore punya beberapa divisi yaitu Konsultasi, Sistem, Training, dan Media.

Saya sendiri diberi tanggung jawab untuk melakukan pendampingan pada Mitra PT Syncore Indonesia yaitu Bumdesa Amarta, Pandowoharjo. Disini saya bertanggung jawab pada implementasi digital marketing untuk akselerasi pemasaran produk secara digital.

Kegiatan MSIB Batch 3 di PT Syncore Indonesia apa saja?

Seperti yang saya sebutkan di atas, saya ditempatkan di Mitra Syncore. Di sini saya ambil peran terhadap implementasi digitalisasi dan menerapkan digital marketing di Bumdesa Amarta.

Beberapa stand out project yang saya selesaikan berupa website untuk Bumdesa Amarta, website untuk Kalurahan Pandowoharjo, dan ada pula animasi motion graphic company profile untuk promosi Bumdesa Amarta.

Selanjutnya saya melakukan manajemen sosial media Bumdesa, membuat post pemasaran, membuat kalender konten, dan membuat publikasi artikel di web Bumdesa.

Pembekalan soft skill

Seorang konsultan media digital pastinya dituntut untuk memiliki soft skill yang bagus untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat ini. Nah pada program ini soft skill di latih juga. Soft skill berupa manajemen waktu, etika profesi, pemikiran kritis, adaptif, dan soft skill lainnya diimprove selama 5 bulan kegiatan. Ada pula kegiatan Focus Group Discussion (FGD) untuk melatih tiap peserta untuk mengemukakan pendapat dan saling memberi feedback.

Selain itu semua, ada banyak kegiatan seru selama periode magang saya. Saya bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat selama kuliah di tempat magang, saya juga ikut ambil peran di tiap rantai bisnis mitra.

Asyiknya lagi, saya dan rekan-rekan mendapat pendampingan dari praktisi ditempat magang, dosen pembimbing lapangan, dosen pembimbing akademik. Makin lengkap kan?

Naah buat kamu yang tertarik membaca keseruan kami di tempat magang bisa loncat ke utas saya lainnya ya. Banyak loh moment unik yang menginspirasi.

Teruntuk kamu yang mau mencoba program Kampus Merdeka, terkhusus MSIB, yuk tetap semangat dan portofolionya dilengkapi agar peluang diterima di perusahaan impian terwujud. Cheers!

Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *